Header Ads

Breaking News
recent

Handphone Service

Nokia memiliki dua cara system signal Transmite yang artinya pemancaran signal (TX) Received yang artinya penerimaan signal (RX) Beberapa part yang terkait disini hubungannya dengan TX dan RX adalah sebagai berikut:
PA (Power Amplifier)

Power amplifier atau daya penguat pemancaran signal ( Transmite Strength )yang terkait disini hanya hal pemancaraan sinyal saja (TX) Duplexer atau yg sering kita sebut antenna switch. Gabungan antara TX dan RX yang memungkinkan kita melakukan panggilan dua arah secara simultan atau bersamaan.
Terjadinya proses pengolahan sinyal masuk dan keluar. PA dan Duplexer adalah rangkaian yang sering menyebabkan handphone mati (shut down ) ketika kita akan melakukan panggilan.

HAGAR
Termasuk rangkaian penerima atau RX 75% dan sedikit pemancaran /TX

COBBA
Termasuk rangkaian yang sebagian besar pemancaran/TX terkait disini:Kuat pancar audio / suara yang dihasilkan, sehingga sering menyebabkan hp kurang keras suaranya. Termasuk self test dari main processor (CPU), sehingga seing terjadinya contak service jika terjadi kerusakan.

Real Time Clock
Sesuai namanya dimana process real time (ketepatan frequensi berjalan) kerusakan pada part ini akan menyebabkan :Ketepatan pembicaraan atau suara menjadi kurang tepat (beat atau temponya lambat ) Ketepatan power on dan power down menjadi terganggu , sehingga menyebabkan HP lama dihidupkan atau dimatikan.

CCONT
Adalah part dimana supply arus diproduksi untuk dialirkan ke masing2 komponen. Kerusakan pada part ini akan menyebabkan HP mati total.

FLASH IC
Adalah part dimana tempat program data dihasilkan untuk memerintah cpu melakukan tugasnya, khususnya disini perintah penerimaan dan pemancaran sinyal. Kerusakan pada Ic ini akan menyebabkan :Contack service karena self test gagal. Bar tanda sinyal tidak keluar walaupun operator name ada. Booting gagal shg Hp mati total

CPU (central prosesing unit )
Dimana semua perintah dijalankan oleh part ini mulai dari perintah pemancaran sinyal atau penerimaan. Kerusakan pada part ini terkadang malah susah cara mendeteksinya. Keseluruhan proses diatas akan gagal juga terkait rusaknya CPU ini.

Kerusakan paling banyak dan paling menjengkelkan adalah masalah sinyal. Ponsel semahal apapun tanpa ada signalnya tidak ada harganya. Juga bila membawa ponsel mahal sekalipun tapi problem pada signalnya maka bisa membuat malu pembawanya.Sinyal merupakan problem yang gampang-gampang susah bagi semua teknisi ponsel. Signal kebanyakan identik dengan PA atau IC PA, walau sebenarnya tidak benar seratus persen. Problem signal mempunyai banyak keterkaitan antara satu IC (komponen) dengan komponen yang lain. Untuk bisa menyelesaikan problem signal dibutuhkan beberapa syarat mutlak bagi setiap teknisi ponsel. Diantaranya : Teknisi harus mempunyai pengetahuan tentang fungsi tiap komponen, kedua, teknisi harus mempunyai alat test dan alat perbaikan, serta yang ketiga, teknisi harus mempunyai kemampuan lebih atau ilmu plus, maksudnya teknisi harus bisa memecahkan problem dengan tehnik yang berbeda.

Ada bebarapa macam tentang problem signal, diantaranya :
1. Signal lemah
2. Signal naik turun
3. Signal pada lokasi tertentu
4. Signal 5 detik
5. No signal
6. Signal 112 only
7. Signal drop
8. Signal semu
9. Signal sim tertentu

Langkah persiapan awal :
Lakukan reset atau kembali pada pengaturan awal, yang dapat anda lakukan melalui menu lalu phone setting, setelah itu masukkan 12345.

Lakukan panggilan 112 only atau jaringan manual, bila bisa maka IC RF dalam keadaan masih baik.
Lakukan update pada software ponsel anda. Bisa juga melakukan downgrade bila dirasa perlu dan memang versi yang sebelumnya terlalu tinggi.

Lakukan pengujian tegangan pada komponen seperti IC PA, IC RF, IC AUDIO, apakah sudah mendapat tegangan yang benar.

Bila langkah awal atau persiapan sudah kita lakukan tetapi ponsel masih bermasalah maka dapat dilakukan penggantian komponen sesuai kerusakan yang dialami oleh ponsel tersebut.

Signal lemah, lakukan penggantian pada IC PA, karena komponen ini berfungsi sebagai penguat.

Signal naik turun, dapat terjadi karena VCO sudah lemah, fungsi referensi nya sudah terabaikan.

Signal pada lokasi tertentu, gantilah IC PA nya, karena pasti memakai IC yang tidak orisinil, atau akibat penggantian antena nya.

Signal 5 detik, terjadi kerusakan pada IC CPU, bisa karena ponsel jatuh, namun bila bukan karena jatuh anda dapat melakukan flashing eeprom virgin, sehingga ponsel jadi normal kembali.

No. Signal, pada ponsel jatuh lebih banyak kerusakan pada IC Audio, fungsi konverternya tidak berhasil.

Signal 112 only, merupakan signal hanya dari IC RF, anda bisa mengganti IC PA karena sudah tidak fungsi lagi.

Signal drop, ini diakibatkan karena IC PA, walau IC PA sendiri masih berfungsi tapi pemakian arus yang sangat tinggi sekali, bisa mencapai 600 mA.

Signal semu, indikator tampak baik dan penuh, tapi tidak bisa melakukan panggilan, lebih banyak dikarenakan Antena, fungsi penghubung yang terputus.
Signal sim tertentu, dikarena program atau SW bisa dilakukan clear SP Lock dan bisa juga akibat penggantian IC PA tidak presisi atau IC PA tidak ori.

1.NO READ MMC
MMC merupakan sebuah media penyimpanan eksternal yang biasa digunakan untuk memory tambahan handphone,kamera digital,MP4,dll. MMC juga memiliki beberapa tipe seperti SD card,mini SD,micro SD, stic mikro atau M2,dll.kapasitas MMC juga bermacam-macam diantaranya 128mb,256mb,512mb,1GB,dan sekarang sudah ada 16GB. kerusakan yang sering terjadi pada MMC biasanya tidak bisa dibaca,slot MMc yang rusak berikut langkah perbaikannya :
==> coba bersihkan slot MMC
==> ungkit kaki-kaki yang terdapat dalam slot MMC agar bisa menyentuh ke MMc
==> coba pasang MMC kita ke handphone lain,bila tetap no read MMc berarti MC kita rusak, begitupun sebaliknya.

2. LOST DATA
kebanyakan orang merasa bingung dan takut bila sudah mendapatkan masalah lost data atau data hilang ini.maksud dari data hilang disini bukan karena data yang telah kita simpan
terus tiba-tiba hilang,akan tetapi bila saat kita save pada MMc memang berhasil,tapi bila kita lepas MMC dan pasang kembali, maka data yang tadi kita simpan hilang.
kerusakan ini bisa terjadi pada IC memory di handphone kita,langkah perbaikannya :
==> lakukan pemanasan atau reblow pada IC memory agar kaki IC melekat dengan baik.
==> setelah itu cobalah lakukan perbaikan secara software atau flash ulang.

3.NO SIGNAL
kerusakan signal sering terjadi pada handphone GSM maupun CDMA yang dikarenakan software maupun hardware.penyebab dari kerusakan ini karena semakin melemahnya kinerja IC yang bagian signal atau karena rusaknya software signal.sebagai langkah perbaikannya :
==> cek dengan menggunakan pilihan jaringan pada manual search,jika muncul beberapa operator,maka cobalah dipanaskan IC PA atau menggantinya.
==> bila tidak muncul beberapa operator(tidak ada jaringan) maka coba dahulu dengan perbaikan secara software,dan bila masih tetap no signal maka ganti IC RF.

4. TIDAK ADA SUARA SAAT MENERIMA TELEPON
kerusakan ini bisa disebut juga karena tidak terdengarnya suara dari penelepon dan terjadi karena kurang menempelnya kaki dari speaker atau rusaknya speaker itu sendiri,langkah perbaikannya dengan cara :
==> ungkitlah kaki dari speakernya
==> test dengan multitester pada x1ohm.
==> bersihkan tempat kaki speaker pada PCB handphone yang kemungkinan kotor karena debu.
==> bila speaker sudah dipasang dan hasilnya masih tetap tidak ada suara, maka harus ganti speakernya.

5. TIDAK ADA SUARA SAAT MENELEPON
kerusakan ini sama dengan tidak terdengarnya suara kita oleh lawan bicara kita,kerusakan ini juga bisa terjadi karena kurang menempelnya kaki dari microphone atau rusaknya microphone tsb,
sebagai langkah perbaikannya :
==> test microphone dengan multitester pada x10 ohm
==> kemudian ungkitlah kaki microphonenya
==> jika setelah microphone dipasang dan hasilnya masih tetap tidak terdengar suara kita oleh lawan bicara kita, maka ganti microphonenya.

6. TIDAK ADA RINGTONE (NADA DERING)
setiap handphone mempunyai nada dering sebagai tanda peringatan jika ada telepon atau sms masuk pada hendphone kita. ringtone sendiri keluar dari speaker ringtone atau kalangan teknisi handphone yang menyebutnya buzzer.dari segi fisik mirip dengan speaker biasa dan bahkan untuk tipe handphone yang terbaru speaker biasa dan speaker ringtone sudah disatukan tapi tetap fungsinya berbeda.kerusakan speaker ringtone diantaranya seperti tidak ada ringtone dan suara mp3 tidak bisa didengar.
langkah-langkah perbaikannya adalah :
==> test speaker ringtone(buzzer) dengan multitester x1 ohm.
==> bersihkan tempat kaki speaker ringtone dari kotoran
==> coba ungkit kaki buzzernya
==> jika semua langkah sudah dilakukan,dan hasilnya masih tetap sama, maka anda harus mengganti speaker ringtone/buzzer tsb.

Walaupun agak sibuk,saya menyempatkan diri untuk menulis.maklum..sebagai tukang blower hp, musim hujan kayak gini banyak hp pada sakit,ada yg sakit demam,flu,ada juga yang sakit parah,sampai masuk ruang UGD,tp tentunya bukan masuk ruang UGD di rmh sakit cipto lho,tapi di ruang UGD tempat reparasi hp..hehehe.namanya juga klinik hp,jd semua penyakit hp coba di atasi,agar hp td sehat kembali..

Saat ini saya ingin sedikit berbagi mengenai trik memperbaiki ponsel,bagi anda yang ingin memperdalam ilmu tentang hp,atau yang ingin menjadi tukang blower hp alias teknisi hp,mudah-mudahan trik ini bermanfaat bagi anda..
Seperti yang saya sebutkan pada postingan sebelumnya,bahwa hp terbagi menjadi dua unsur yaitu unsur software dan hardware,maka disini saya ulas kembali kerusakan-kerusakan pada hp,tapi dengan cara penyelesaiannya..

Kerusakan Software
Hal-hal yang sering terjadi disebabkan kerusakan software :
1. Hang (tombol keypad tidak berfungsi)
2. Blank/hanya tampil layar putih
3. Mati total disebabkan oleh virus atau kesalahan menggunakan aplikasi
4. Phonelock
5. Contact Service
6. Phone restricted
7. Tidak dapat booting
8. Simcard not accepted / kartu sim di tolak/ Sim reject/kartu sim salah
9. Tidak dapat signal
10. Contact retailer
11. Restart
12. Contact provider (untuk SE)
13. Wrong Software (untuk Siemens)

Untuk kerusakan nomer 1,2,4,7,10,11,maka anda bisa menggunakan tricks code-code,tricks code ini berbeda-beda untuk setiap merk hp.

Anda bisa dapatkan di SINI tricks codenya.

Sedangkan untuk kerusakan nomer 3,5,8,9,12,dan 13,maka anda harus mempunyai peralatan software atau program software seperti UFS-3 Tornado,JAF,Mt-box,SE-TOOL dan yang lainnya..
Dibawah ini saya tampilkan contoh-contoh software hp :

clip_image002

Area kerja software UFS-3 Tornado DCTxBB5 TOOLS

clip_image004

Area kerja Software JAF

clip_image006

Area kerja Software SE-TOOL3

Kerusakan Hardware
Hal-hal yang sering terjadi disebabkan kerusakan hardware :
1. Mati total
2. Signal
3. Ganguan suara
4. Pengisian battery
5. Tampilan layar (LCD)
6. UI (User interface)
7. Pencahayaan (LED)
8. Vibrator (Getar)
9. Buzer (nada dering)

Solusi Secara Hardware

Mati

Ponsel mati ada beberapa kategori:

cirinya Penyebab kerusakan solusi
ponsel mati, disaat melakukan panggilan. Akan tetapi disaat standby ponsel hidup normal. Arus rangkaian transmitter terlalu besar.  Periksa battery, bila sudah drop maka harus diganti. Ganti IC PA (Power Amplyfier)
ponsel mati, akan tetapi tidak bertahan lama (kira-kira beberapa menit langsung mati) Arus rangkaian Power supply terlalu besar.  Ganti IC power supply.
ponsel mati, akan tetapi disaat di charge ponsel dapat mengisi battery. Rangkaian Power up/power down tidak berfungsi dengan baik.  Ganti Switch on/off. Jumper bila jalur kepada switch on/off putus.
ponsel mati total.  Tegangan masukan dari battery. Tegangan keluaran pada power supply  Clock 13mhz  Jumper langsung dari konektor battery kepada tegangan masukan power supply. Ganti IC power supply. Ganti IC RF Proccesor.

Signal

Gangguan signal ada beberapa kategori :

cirinya Penyebab kerusakan solusi
signal naik turun, bahkan terkadang hilang.signal tidak ada, dicari secara manualpun tidak mendapatkan jaringan.  Penguatan receiver (LNA) tidak sempurna. System duplexer (Switching antenna).  LNA pada nokia DCT4 dan WD2 sudah digabung dengan IC RF Procesor (Helga/Mjoiner), bila rusak ganti. Antenna swith ganti
signal tidak ada, bila dicari secara manual semua jaringan dapat, akan tetapi bila di pilih salah satu operatornya tidak dapat meregistrtasikan.  Sistem receiver tidak berfungsi dengan baik.  LNA pada nokia DCT4 dan WD2 sudah digabung dengan IC RF Procesor (Helga/Mjoiner), bila rusak ganti.
signal tiba-tiba hilang setelah 3 detik. bila dicari secara manual dapat semua operatornya akan tetapi bila di pilih tidak dapat meregistrasikan jaringannya.  System Transmitter tidak berfungsi dengan sempurna. System modulasi tidak sempurna.  Ganti IC PA (Power Amplyfier). Ganti IC RF processor.

Ganguan suara

Gangguan suara ada terdapat beberapa kategori:

suara lawan tidak dapat terdengar.  Speaker tidak berfungsi.Ø System audio amplifier tidak berfungsi  Ganti Speaker. Ganti IC audio. Sistem audio pada nokia DCT4/WD2 terdapat di dalam IC UEM
suara tidak dapat terkirim ke ponsel lawan.  Microphone tidak berfungsi System audio amplifier tidak berfungsi  Ganti microphone Ganti IC audio. Sistem audio pada nokia DCT4/WD2 terdapat di dalam IC UEM

Pengisian battery

gangguan pengisian battery ada terdapat beberapa kategori:

bila di hubungkan trafo charge, ponsel tidak dapat menditeksi sama sekali (tidak ada respon)  Tegangan dari trafo charge tidak masuk kepada system charging control. Ø Periksa sikring, betuk komponennya seperti resistor, anda dapat melihat pada skema diagram. Bila jalur sudah bagus , ganti IC control charging.
bila dihubungkan trafo charge, ponsel menditeksi pengisian, akan tetapi beberapa detik mucul tulisan “Tidak mengisi” pada layar LCD.  Tegangan dari trafo charging tidak memenuhi standar pengisian battery. Control Charging bermasalah  Komponen pasif yang terdapat pada rangkaian input dari control charging, ganti bila ada yang bermasalah. Ganti Control charging
bila dihubungkan trofo charge, ponsel dapat menditeksi dan mengisi akan tetapi bila dicabut kembali pada tampilan ponsel bertuliskan “sambung ulang pengisian”.  Control dari CPU tidak masuk kepada control charging.  Jumper. Anda dapat melihat pada koleksi jumper yang kami berikan.

Tampilan layar (LCD)

gangguan LCD ada beberapa kategori:

layar LCD tidak menampilkan informasi  Perintah output dari CPU kepada LCD.  Ganti LCD
tampilan layar LCD sebagian hilang  LCD bermasalah  Ganti LCD

UI (User interface)

Pencahayaan (LED)  LED rusak Tegangan kepada LED tidak masuk Perintah dari CPU tidak masuk.  Ganti LED Jumper. Ganti UI driver
Vibrator (Getar)  Vibrator rusak Tegangan kepada Vibrator tidak masuk Perintah dari CPU tidak masuk.  Ganti Buzer Jumper.Ganti UI driver
Buzer (nada dering)  Buzer rusakØ Tegangan kepada Buzer tidak masuk Perintah dari CPU tidak masuk.  Ganti Buzer Jumper. Ganti UI driver

Tag Technorati: {grup-tag}

No comments:

Article Informations. Powered by Blogger.