Monday, December 13, 2010

software pembuat TTS (Crossword)

Mengisi TTS (Teka-Teki Silang/Crossword) kadang memang menyenangkan, selain juga bisa bermanfaat sebagai media pembelajaran mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Jika dulu membuat TTS masih manual dan cukup lama agar penyusunan katanya tepat, maka dengan kemajuan teknologi, saat ini membuat TTS terasa begitu mudah dan menyenangkan.

Salah satunya dengan aplikasi EclipseCrossword, yang merupakan software pembuat TTS (Crossword) dan bisa diperoleh (download) secara gratis. Meskipun gratis, fasilitas yang diberikan cukup banyak, baik bagi kita yang dirumah sampai bagi para pemilik website/blog.

clip_image001

Untuk membuat TTS, tinggal mengikuti langkah-langkah yang ditunjukkan. Kita tinggal mengisikan daftar kata-kata (Word) yang akan tampil dan Pertanyaan untuk kata tersebut (Clue). Setelah selesai, maka hasilnya dapat di cetak, atau di tampilkan di web kita secara interaktif, sehingga user bisa langsung mencoba dan mengisi TTS yang kita buat.

Fasilitas yang disertakan EclipseCrossword adalah:

  • Menyimpan dan membuka kembali project yang telah dibuat
  • Mencetak (print) hasilnya dengan berbagai opsi
  • Menyimpan sebagai halaman web, baik interaktif (user bisa langsung mengisi) atau tidak
  • Menerbitkan hasilnya dalam format RTF, Windows Meta File (WMF), Postscript (EPS) atau dalam format text untuk di export ke software lainnya

Untuk mencoba langsung, saya telah membuat TTS sederhana tentang Hardware (perangkat keras) komputer dengan software ini dan langsung bisa dicoba DISINI(silahkan dibuka atau disimpan yang bisa langsung dijalankan di rumah, tanpa online )

Download
Alamat Website : http://www.eclipsecrossword.com/
Agar lebih mudah, lebih baik download file installernya langsung dari link berikut :
http://www.eclipsecrossword.com/download/Install%20EclipseCrossword.msi (513 KB)

Sumber Artikel : http://kamalmisran.wordpress.com

No comments: