Header Ads

Breaking News
recent

Faktor-faktor Penilaian Pada Mesin Pencari


Tidak semua faktor penilaian peringkat pada mesin pencari itu penting, beberapa ranking factor seperti PageRank (PR) hanya penting dalam kondisi-kondisi tertentu. Yang lainnya seperti META tags, fungsinya hanya untuk menyempurnakan detil dan tidak terlalu besar pengaruhnya pada posisi di mesin pencari.
Harus diketahui faktor-faktor apa saja yang diperlukan untuk mendominasi 3 mesin pencari utama secara efektif. Mulai dari artikel ini saya akan membahas tentang faktor-faktor utama dan bagaimana tiap faktor tersebut mendapat perlakuan yang berbeda dari mesin-mesin pencari. Akan dibahas pula faktor-faktor lain dan contoh optimalisasinya.
Umumnya sulit bagi sebuah website untuk menempati posisi puncak pada satu mesin pencari, apalagi pada lebih dari satu pada saat bersamaan. Webmaster sering mengeluh soal ‘ketiadaan’ situs mereka di Google, padahal situs itu menempati posisi puncak di Yahoo, atau kasus lainnya, menempati posisi ‘bagus’ di Google tapi tidak punya posisi sama sekali di Bing.
Mengembangkan strategi SEO yang mujarab agar dapat ‘menguasai’ Google. Yahoo, dan Bing (kita sertakan juga Ask sebagai pembanding) sekaligus adalah hal yang sulit, tapi bukannya tidak mungkin.
Pada artikel sebelumnya tentang faktor-faktor yang dinilai berbagai mesin pencari anda sudah lihat bagaimana sifat masing-masing mesin pencari dalam memberi peringkat. Selanjutnya saya akan menjelaskan dulu sedikit tentang Ask (search engine terpopuler keempat) kemudian kita akan bicara tentang faktor-faktor yang bisa mendongkrak posisi situs anda di semua mesin pencari pada artikel-artikel selanjutnya.
Saya juga akan membahas lebih detil tentang Google Sandbox dan Pagerank, dan kenapa dua faktor ini penting untuk dipahami serta bagaimana anda bisa memanfaatkannya – ya, kalau dipikir-pikir, ada cara untuk memanfaatkan ‘efek Sandbox‘ ini.
Apakah situs anda akan dijamin berada pada posisi puncak di Google, Yahoo, dan Bing nantinya? Tidak, saya tidak memberi garansi apapun (apalagi angin surga).
Yang pasti, saya akan menunjukkan bahwa ada cara-cara untuk mendapat ranking pada ketiga mesin pencari utama dan anda juga bisa melakukannya.
Top position? Belum tentu.
Halaman pertama? Sangat, sangat mungkin.

Ask – Mesin Pencari yang Terlupakan

Ask.com seringkali disebut sebagai mesin pencari yang paling akurat, tapi kurang dikenal, dan karena dominasi pasar yang saat ini dinikmati Google dan Yahoo membuat nyaris tidak ada tempat lagi untuk mesin-mesin pencari alternatif.
Meski begitu, kalaupun Ask hanya menguasai 5 persen pangsa pasar pencarian, ini adalah 5 persen yang BISA anda jaring dengan menggunakan prinsip-prinsip search marketing yang baik. Jadi kenapa tidak?
Hal-hal yang harus diketahui tentang Ask:
  • Punya bobot besar terhadap penilaian otoritas (authority) suatu topik dan relevansi tautan.
  • Lambat dalam mengindeks dan memberi peringkat
  • Mirip Google dalam hal memberi bobot lebih terhadap tautan/link alih-alih optimalisasi on-page.
Bobot besar yang diberikan Ask terhadap tautan yang bersifat on-topic, menjadikan Ask.com sebagai alat ukur yang baik untuk menilai apakah situs anda mendapat jenis tautan yang tepat (relevan dan punya otoritas). Penekanan Ask pada pengelompokan topik juga berarti bahwa situs anda tidak akan mendapat peringkat bagus (bahkan tidak akan terindeks dengan tepat) kalau tidak punya beberapa inbound links dari niche sejenis.
Soal Ask ini tidak usah terlalu dipikirkan, saya juga tidak akan membahasnya lebih jauh. Yang patut diingat adalah mengecek posisi situs anda di Ask.com adalah cara bagus untuk menilai seberapa on-topic situs anda dan apakah aspek on-topic ini harus ditingkatkan.

No comments:

Article Informations. Powered by Blogger.