Memiliki sebuah ‘sistem‘ untuk mencapai tujuan adalah langkah berikutnya untuk seseorang yang harus menyelesaikan suatu jenis proyek lebih dari satu kali. Contoh; web desainer yang harus menyelesaikan 10-20 situs setiap tahun punya sistem, programer yang bekerja pada proyek besar, patuh pada ‘sistem‘ kerja mereka, dll.
Kalau anda belum punya sistem, sekarang saatnya memikirkan SEO sebagai sebuah sistem aktivitas dan proses yang efektif untuk menghasilkan trafik terarah (targeted traffic) bagi website anda dari mesin pencari.
Suatu sistem disebut efektif jika sistem tersebut dapat membantu anda memenuhi target setiap saat anda menjalani proyek yang serupa (bukan sama – karena tidak pernah ada proyek yang sama).
Dan seperti yang dijelaskan sebelumnya, fokus pada pekerjaan yang paling efektif dan tetap berlaku dalam jangka panjang, bukan yang paling mudah atau murah, atau paling cepat, atau yang dibilang oleh Google (dan mesin pencari lainnya).
Kerjakan apa yang berhasil saat ini dan nanti.
Buat Prioritas
Kalau sudah punya basic system untuk melakukan berbagai aktivitas SEO, membuat prioritas dan menentukan tugas mana yang harus dikerjakan lebih dulu akan jadi lebih mudah.
Seperti halnya dalam kehidupan nyata, di SEO juga terdapat sejumlah aktivitas yang perlu sedikit waktu dan usaha tapi berdampak besar pada peringkat di mesin pencari. Ingat aturan 80-20 (hukum Pareto)? Hal ini juga berlaku di SEO, dan tentu ini membuat hidup kita sebagai SEOer jadi lebih mudah.
Tugas-tugas SEO yang paling penting butuh waktu sekitar 15-25% dari daur hidup proyek SEO, dan memberikan pengaruh sebesar 70-85% terhadap hasil. Misal:
- Mengoptimalkan tag Title pada blog anda cuma butuh waktu kurang dari 2 menit, tapi hasilnya sangat jelas pada bagaimana halaman-halaman blog tersebut tampil di mesin pencari.
- Membayar listing direktori (directory submission) di Yahoo butuh waktu 5 menit, tapi tautan yang anda bayar tersebut lebih berharga daripada men-submit ke 100 direktori gratis yang sudah sekarat dibombardir spam.
Tanyakan diri sendiri seberapa penting yang anda lakukan sebelum anda melakukannya, inilah yang menjadi dasar prioritas. Jadikan ‘bertanya pada diri sendiri’ ini sebagai kebiasaan, karena dengan begitu anda menghemat banyak waktu dan membuat anda lebih fokus pada hal-hal yang lebih penting dalam SEO.
Peringkat BUKAN Segalanya!
Pada kenyataannya, trafik yang melimpah (karena menempati halaman 1 atau posisi #1) dari hasil SEO tidak ada gunanya kalau anda tidak punya cara untuk memanfaatkan trafik tersebut. Ini fakta.
Kalau anda punya tujuan khusus untuk website tersebut, anda juga akan punya gambaran jelas tentang target audien dan apa yang seharusnya mereka lakukan (action) saat mereka mengunjungi website anda.
Mungkin saja action ini berupa pendaftaran (signup), penjualan, klik pada iklan, Feed/RSS subscription, dll.
Kalau situs anda tidak melakukan ‘tugasnya’, maka semua peringkat dan trafik yang didapat terbuang sia-sia.
Kesimpulannya; Search Engine Optimization (SEO) adalah sesuatu yang hebat kalau berhasil, tapi anda juga harus tahu bagaimana memanfaatkan trafik tersebut sebaik mungkin.
No comments:
Post a Comment